Senin, 30 April 2012

5 Masjid Terbesar di Indonesia



Mungkin, pembaca semua sudah sering membaca atau mendapatkan informasi mengenai masjid-masjid terbesar di Dunia, tapi terkadang kita tidak mengenal masjid-masjid terbesar yang ada di Indonesia.
Untuk itu saya akan coba memberikan informasi yang mudah-mudahan bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan saudara semua.
Berikut ini saya informasikan 5 Masjid Terbesar di Indonesia :
1. Masjid Istiqlal Jakarta
Masjid Istiqlal Jakarta merupakan salah satu masjid terbesar yang ada di Indonesia, bahkan menurut beberapa informasi adalah salah satu Masjid Terbesar di Asia Tenggara.
Masjid Istiqlal berada di timur laut lapangan Monumen Nasional (Monas). Bangunan utama masjid ini terdiri dari lima lantai. Masjid ini mempunyai kubah yang diameternya 45 meter. Masjid ini mampu menampung orang hingga lebih dari 200.000 (dua ratus ribu) jamaah.
Luas tanah 12 ha, dan  Luas bangunan 7 ha.
2. Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda adalah masjid yang terletak di  Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak.
Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi. Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Sedangkan luas lantai mezanin (balkon) adalah 5.290 meter persegi.
Dan menurut beberapa sumber, masjid ini menjadi salah satu masjid termegah,dan indah yang ada di Indonesia dan Asia tenggara.
3. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh
Masjid Raya Baiturrahman adalah sebuah masjid yang berada di pusat Kota Banda Aceh, Masjid ini cukup terkenal di Indonesia bahkan di Dunia, karena memiliki keindahan arsitektur dan nilai sejarahnya.
Nama Masjid Raya Baiturrahman ini berasal dari nama Masjid Raya yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1022 Hijriah bersamaan dengan tahun 1612 Miladiyah. Riwayat lain menyebutkan bahwa yang mendirikan Masjid Raya Baiturrahman di Zaman kerajaan Aceh ialah Sultan Alidin Mahmudsyah pada tahun 1292 Miladiyah
luas ruangan dalam Masjid menjadi 4.760 M2 berlantai marmer buatan Italia, jenis secara dengan ukuran 60 x 120 cm dan dapat menampug 9.000 jama’ah. Dengan perluasan tersebut, Masjid RAya Baiturrahman sekarang memiliki 7 kubah, 4 menara, dan 1 menara induk. Dari masa kemasa Masjid Raya Baiturrahman telah berkembang pesat baik ditinjau dari segi arsitektur, peribadatan maupun kegiatan kemasyarakatan sesuai dengan perkembangan, luas area Masjid Raya Baiturrahman ± 4 Ha, didalamnya terdapat sebuah kolam, menara induk dan bagian halaman lainya ditumbuhi rumput yang ditata dengan rapid dan indah diselingi tanaman/pohon hias.
4. Masjid Modern Al Markaz Al Islami, Makasar
Masjid Al Markaz Al Islami Makasar adalah sebuah masjid yang berada di Jalan Mesjid Raya, kecamatan Bontala, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.
Masjid ini memiliki ciri khas dari bangunan nya yang megah dan berarsitektur indah. Arsitektur Al Markaz Al Islami banyak dipengaruhi oleh Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah Al Munawwarah.
Menempati luas areal 72.229 m2 atau 7,229 ha, didirikanlah Masjid Al-Markaz Al-Islami. Pemancangan tiang pertamanya dilakukan dalam suatu upacara khidmat pada tanggal 8 Mei 1994.
5. Masjid Dian Al-Mahri, Depok
Masjid Dian Al-Mahri Depok atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masjid Kubah Emas adalah masjid yang berada di Kecamatan Limo, Depok
Masjid Dian Al-Mahri sendiri dibangun oleh keluarga Dian Djurian Maimum Al-Rasyid. Ia pengusaha asal Banten yang lama bermukim di Arab Saudi. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1999 dan dibuka untuk umum pada tahun 2006. Luasnya 50 hektar, dengan bangunan utama masjid berukuran 60×120 meter atau 8000 meter persegi.Demikian besarnya, Masjid Dian Al-Mahri sanggup menampung 20.000 orang sekaligus.
Adalah kubah masjid yang menjadikan Masjid Dian Al-Mahri magnit bagi banyak umat Muslim di Indonesia. Kubahnya terbuat dari emas murni 24 karat. Di seluruh dunia ini, tak banyak masjid yang seperti ini. Hanya ada 8 buah, dan Masjid Dian Al-Mahri terbilang yang paling baru di antara 8 Masjid Kubah Emas.
Totalnya, Masjid Dian Al Mahri memiliki 5 kubah yang melambangkan jumlah rukun Islam. Satu kubah utama dan 4 kubah kecil. Uniknya, seluruh kubah dilapisi emas setebal 2-3 mm dan mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara 4 kubah kecil memiliki diameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter.
Selain itu, interior dalamnya pun ekstra mewah. Ada lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton. Porselen dan beberapa ornamennya khusus diimpor dari Italia. Langit-langit kubah juga dilapisi lukisan yang bisa menyesuaikan dengan kondisi fisik pada waktu sholat. Biru langit jika siang dan gelap berbintang jika malam hari.
——————————————————————————————–
Itulah beberapa masjid terbesar dan termegah yang ada di Indonesia, mudah-mudahan tidak hanya besar dan megahnya saja, masjid sebagaimana fungsinya harus menjadi bagian dari tegaknya Agama Islam di Indonesia ini, semoga masyarakat sekitar senantiasa memakmurkan masjid-masjid tersebut dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.
dan .. terakhir .. rencananya akan ada lagi masjid besar yang dibangun di Indonesia, tepatnya Masjid Raya Sriwijaya di Palembang  Sumatera Selatan.



5 Biggest Mosque in Indonesia
09/06/2010
Perhaps, readers all have often read or obtain information about the largest mosques in the world, but sometimes we do not know of the largest mosques in Indonesia.For that I will try to provide useful and hopefully you all can add to knowledge.Here's my informed 5 Biggest Mosque in Indonesia:
A. Istiqlal Mosque Jakarta





Istiqlal Mosque is one of Jakarta's largest mosque in Indonesia, even by some of the information is one of the largest mosque in Southeast Asia.
Istiqlal Mosque is located in the northeast the National Monument (Monas). The main building of this mosque consists of five floors. This mosque has a dome 45 meters in diameter. This mosque can accommodate up to more than 200,000 (two hundred thousand) pilgrims.
A land area of ​​12 ha, and the building area 7 ha.
2. Islamic Center Samarinda






Islamic Center Masjid mosque Samarinda is located in the Gulf Lerong Ulu, Kota Samarinda, East Kalimantan, Indonesia, which is the grandest and the second largest mosque in Southeast Asia after Istiqlal Mosque. With the foreground of the Mahakam river banks, this mosque has a tower and a large dome that stands upright.
This mosque has an area of ​​43 500 square meter main building. To support the building area is 7115 square meters and a floor area of ​​10 235 square meter basement. While the ground floor of the mosque area of ​​10 270 square meters and the main floor area of ​​8185 square meters. While the mezzanine floor area (balcony) is 5290 square meters.
And according to some sources, the mosque has become one of the grandest mosques, and beautiful in Indonesia and southeast Asia.
3. Baiturrahman Masjid Raya, Aceh






Baiturrahman Mosque is a mosque located in downtown Banda Aceh, the mosque is quite popular in Indonesia even in the World, because it has beautiful architecture and historical value.
Baiturrahman Mosque name is derived from the name of the Great Mosque built by Sultan Iskandar Muda in the year 1022 along with the year 1612 Hijri Miladiyah.Another report states that the setting up Baiturrahman Mosque in the Age of empire is the Sultan of Aceh in 1292 Alidin Mahmudsyah Miladiyah
spacious room in the mosque into 4760 M2 Italian marble floors, type in the size of 60 x 120 cm and can menampug 9000 the congregation. With the expansion, Baiturrahman Mosque now has seven domes, four towers and one tower of the parent. From the Grand Mosque Baiturrahman kemasa has grown rapidly both in terms of architecture, worship and community activities in accordance with the development, the Mosque area Baiturrahman ± 4 ha, in which there is a pool, tower stem and other parts of the page is laid out with grass and rapidinterspersed with beautiful plants / ornamental trees.
4. Modern Masjid Al Markaz Al Islami, Makasar






Masjid Al-Markaz Al-Islami Napier is a mosque located in Jalan Raya Mosque, Bontala district, Makassar, South Sulawesi Province.
This mosque has a characteristic of its magnificent buildings and beautiful architecture. Al Markaz Al Islami architecture is heavily influenced by the Grand Mosque in Makkah and the Prophet's Mosque in Madinah Al Munawwarah.
Occupies a total area of ​​72 229 m2 or 7.229 ha, founded Masjid Al-Markaz Al-Islami. His first pole erection carried out in a solemn ceremony on May 8, 1994.
5. Dian Al-Mahri mosque, Depok






Dian Al-Mahri mosque Depok or better known as the Golden Dome Mosque is a mosque located in the District Limo, Depok
Dian Al-Mahri mosque itself was built by the family Djurian Maimum Dian Al-Rashid. He is a businessman from the old Bantam living in Saudi Arabia. This mosque was built in 1999 and opened to the public in 2006. The extent of 50 acres, with the main building the mosque measuring 60 × 120 meter or 8000 meter persegi.Demikian magnitude, Dian Al-Mahri mosque could accommodate 20,000 people at once.
Dome of the mosque is a mosque made Dian Al-Mahri magnet for many Muslims in Indonesia. Dome is made of 24 carat pure gold. Across the world, not many like this mosque. There are only eight pieces, and the Masjid Al-Mahri Dian spelled out most recently in the 8 Golden Dome Mosque.
In total, Dian Al Mahri mosque has a dome that symbolizes the five pillars of Islam.One of the main dome and four smaller domes. Interestingly, all gilded dome and 2-3 mm thick mosaic crystal. The main dome dome shape resembling Taj Mahal.The dome has a diameter less than 16 meters, diameter was 20 meters high and 25 meters. While four small dome has a diameter less than 6 meters, 7 meters of the center, and a height of 8 meters.
In addition, it was extra luxurious interior. There is a chandelier imported directly from Italy weighing 8 tons. Porcelain and a few special ornaments imported from Italy. Vaulted ceilings are also covered with paintings that can adapt to the physical conditions at the time of the prayer. If the blue sky and a dark day when the evening star.
-------------------------------
Those are some of the largest and most magnificent mosques in Indonesia, hopefully not only the great and majestic course, the mosque as their function should be part of the establishment of Islam in Indonesia, the community may continue to prosper mosques with useful activities .
and .. last .. planned to be there again built a large mosque in Indonesia, precisely mosque in Palembang Srivijaya Kingdom South Sumatra.

0 komentar:

Posting Komentar