Kamis, 26 April 2012

Valentino Rossi


Sekelumit Tentang Valentino Rossi

Posted on  
Valentino Rossi
Valentino Rossi
(lahir di Urbino, Italia, 16 Februari 1979; umur 32 tahun) adalah seorang pembalap di kejuaraan grandprix motor dunia  dengan titel juara dunia di empat kelas yang berbeda yang diraihnya dalam waktu tujuh tahun berkarier.Ia adalah salah seorang pembalap tersukses sepanjang masa, dengan 9 gelar Juara Dunia. Menurut majalah olah raga terbitan Amerika, Sports Ilustrated, Rossi adalah salah satu olahragawan bergaji terbesar di duunia, ia diperkirakan digaji $34 juta pada 2007. Putra dari mantan pembalap GP 250 cc Graziano Rossi danStefania Palma ini memegang banyak rekor dan prestasi yang diraihnya melampaui banyak seniornya. Total pembalap eksentrik ini membukukan 9 gelar juara dunia, sekali di kelas 125cc, sekali di kelas 250cc, dan tujuh kali di kelas puncak, 500cc dan MotoGP.
 
Karier di ajang MotoGP nya dimulai dari kelas paling bawah yaitu kelas seperdelapan liter atau 125cc pada tahun 1996, ditahun pertamanya ia mampu meraih podium 1 pada seri Brno (Rep. Checo) yang juga merupakan kemenangan satu-satunya diawal kariernya dikelas 125cc, kemudian pada tahun 1997 ia berhasil memenangi 11 dari 15 seri (termasuk kemenagan di sirkuit Sentul – Indonesia) hingga mengantarkannya menjadi juara 1 kelas 125cc. Tahun 1998 ia naik kelas ke 250cc dan finish akhir di posisi 2 dengan memenagi 5 seri, kemudian tahun 1999 ia berhasil mewujudkan targetnya untuk menjadi juara dunia kelas 250cc dengan memenangi 10 dari 16 seri.
 
Tahun 2000 ia naik kelas lagi ke kelas 500cc 2 tak dan ditahun pertama ini ia menempati peringkat 2 klasmen akhir kemudian tahun ke duanya kembali menorehkan keberhsasilan menjadi juara dunia kelas 500cc yang merupakan tahun terakhir menggunakan mesin 500cc 2 tak.
 
Tahun 2002 disaat pertama kali kejuaraan MotoGP menggunakan mesin 4tak ia lansung menjadi juara dunia dengan motor pabrikan asal Jepang (Repsol Honda) yang ia bela sejak tahun 2000 dan berlanjut hingga tahun 2003.
 
PINDAH KE YAMAHA
Pada akhir musim 2003 menjelang musim 2004 Valentino Rossi membuat keputusan yang mengejutkan. Ia memutuskan hijrah dari tim yang dibelanya waktu itu yaitu tim pabrikan Honda, Repsol Honda HRC yang telah mengantarkan dirinya meraih juara dunia 2002 dan 2003.
 
Mengenai kepindahannya ini, banyak yang tak mengira dan pesimis ia akan mampu mempertahankan gelar juaranya. Salah satu pernyataan pesimis datang dari Max Biaggi, musuh bebuyutannya mengatakan, “Aku tak menyangka ia pindah ke Yamaha, tapi bagaimanapun juga akan sulit mengalahkan Honda. Bahkan Rossi sendiri kurang optimis ia mampu mempertahankan juara dunianya. “Kami membutuhkan waktu untuk tampil kompetitif, untuk menang pada musim pertama bersama Yamaha jelas sangat sulit”. Tapi ia mementahkan semua pandangan pesimis tersebut. Bahkan pada seri pertama musim 2004 di GP Welkom, Afrika Selatan ia mengalahkan Max Biaggi yang mengendari motor Honda, meskipun dengan perlawanan yang sangat ketat, dengan motor Yamaha, yang terakhir naik podium tahun 1992. Bahkan pada tahun 2004 dan 2005, 2008 dan 2009 Rossi menjadi juara dunia bersama Yamaha dan menjadi pembalap Yamaha pertama yang paling banyak juara dalam satu musim (Rossi juara 9 kali pada musim 2009).
 
Pada Tahun 2010 Ia tak mampu mempertahankan Mahkota Juaranya karena mengalami kecelakaan serius saat sesi latihan Mugello (Italia) yang mana itu adalah latihan menjelang seri kandang baginya yang telah ia menangkan sebanyak 9 kali  sejak saat kelas 125cc tahun 1997, kelas 250cc tahun 1999 dan saat kelas Para Raja 2002-2008 (7kali beruntun) hingga ia dijuluki Raja Mugello.
Insiden tersebut memaksa ia absen sebanyak 4 seri dan hanya berhasil finish ke 3 di klasmen akhir dibawah Juara Dunia 2010 Jorge Lorenzo dan Daniel Pedrosa.
 
Valentino Rossi - Mugello Insiden
 
PINDAH KE DUCATI
Pada saat race di Brno (Rep. Chesca) ia mengumumkan untuk pindah ke Ducati yang notabene adalah Pabrikan Motor asli Italya. Banyak yang menyangka ia akan sukses dengan mudah bersama Ducati, namun semua itu tak semudah yang diperkirakan, hal ini dikarenakan tidak samanya gaya membalap Rossi dengan Ducati dan masih banyaknya persoalan Ducati yang belum mampu ia dan kru nya selesaikan hingga ia baru mampu meraih podium 3 saat seri Le Mans – Prancis 15 Mei 2011.
Semoga kedepannya ia mampu meraih hasil yang lebih baik dengan menggunakan Ducati GP11.1 yang merupakan penggabungan sasis GP11 dengan GP12 dan hingga mampu menyuguhkan kembali pertarungan seru yang selalu dinantikan para penggemarnya diseluruh Dunia…
 
Valentino Rossi dan Ducati
Jejak Karier Valentino Rossi
Musim Kelas/Motor/Tim
1996 125cc/Aprilia RS125/Scuderia AGV Aprilia
1997 125cc/Aprilia RS125/Nastro Azzurro Aprilia
1998 250cc/Aprilia RS250/Nastro Azzurro Aprilia
1999 25-cc/Aprilia RS250/Aprilia Grand Prix Racing
2000 500cc/Honda NSR500/Nastro Azzurro Honda
2001 500cc/Honda NSR500/Nastro Azzurro Honda
2002 MotoGP/Honda RC211V/Repsol Honda
2003 MotoGP/Honda RC211V/Repsol Honda
2004 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Gauloises Fortuna Yamaha
2005 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Gauloises Yamaha
2006 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Camel Yamaha
2007 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Fiat Yamaha
2008 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Fiat Yamaha
2009 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Fiat Yamaha
2010 MotoGP/Yamaha YZR-M1/Fiat Yamaha
2011 MotoGP/Ducati GP11-GP11.1/Ducati Marlboro
 
 
Penghargaan
* Gelar Juara Dunia 125cc (1997)
* Gelar Juara Dunia 250cc (1999)
* Gelar Juara Dunia 500cc (2001)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2002)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2003)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2004)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2005)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2008)
* Gelar Juara Dunia Moto GP (2009)
 
Valentino Rossi Bersama Aprilia 125 dan 250 cc
Rossi - Aprilia
 Valentino Rossi bersama Repsol Honda, 2000-2003
Rossi - Honda Repsol
 Valentino Rossi Bersama Yamaha YZR-M1, 2003-2010
 
Valentino Rossi & Ducati
Valentino Rossi dan Ducati
Salam Persaudaraan !!
 






On a bit of Valentino Rossi
Posted on June 30, 2011
 
Valentino Rossi
Valentino Rossi
(Born in Urbino, Italy, February 16, 1979, age 32 years) is a motorcycle racer in the world championship Grandprix with world championship titles in four different classes which he achieved in seven years berkarier.Ia is one of the most successful rider of all time, with 9 World Champion title. According to the magazine published by the American sports, Sports Ilustrated, Rossi is one of the greatest sportsmen in duunia paid, he paid an estimated $ 34 million in 2007. The son of a former 250 cc Grand Prix racer Graziano Rossi danStefania Palma holds many records and achievements that go beyond many of his senior achieved. This eccentric driver posted a total of nine world titles, once in the 125cc class, once in the 250cc class, and seven times in the top class, 500cc and MotoGP.
 
His career in the MotoGP class at the beginning of the eighth-liter or 125cc class in 1996, his first in the year he was able to grab a podium at Brno series (Rep. Checo) which is also the only victory of his career early in the 125cc class, later in the year1997 he managed to win 11 of 15 series (including kemenagan at Sentul circuit - Indonesia) to drive her to win a 125cc race. In 1998 he rose to the 250cc class and the final finish in second position with memenagi 5 series, then in 1999 he achieved his goal to become world champion in the 250cc class by winning 10 of 16 series.
 
In 2000 he took the classes again to 500cc 2 stroke and the first in the year he was ranked second and final standings both years to re-carve keberhsasilan 500cc world champion last year which is a 500cc 2-stroke engines.
 
In 2002 when the first time the MotoGP championship using the machine directly 4tak he became world champion by Japanese motor manufacturer (Repsol Honda), which he defended in 2000 and continued until 2003.
 
MOVED TO YAMAHA
At the end of the 2003 season before the 2004 season Valentino Rossi made a surprising decision. He decided to move from the team that defended the time it's the Honda factory team, Repsol Honda HRC has to deliver himself won the world championship 2002 and 2003.
 
About this move, many who had not expected, and pessimistic he will be able to retain champion title. One pessimistic statement came from Max Biaggi, his nemesis said, "I do not think he moved to the Yamaha, but anyway it would be difficult to beat Honda. Rossi himself even less optimistic that he can defend his world championship. "We need time to appear competitive, to win the first season with Yamaha is obviously very difficult". But he parried all these pessimistic views.Even in the first series of the 2004 season in Grand Prix Welkom, South Africa he beat Max Biaggi riding a Honda motorcycle, although the resistance is very tight, with a Yamaha motorcycle, the latter on the podium in 1992. Even in 2004 and 2005, 2008 and 2009 world champion Rossi with Yamaha and became the first Yamaha rider won the most in a season (9 times champion Rossi in the season 2009).
 
In the year 2010, it could not maintain Crown champion since a serious accident during practice session Mugello (Italy) in which it is a series of practice ahead of the cage for him that he had won as many as nine times since 1997, 125cc, 250cc class in 1999 and now The King 2002-2008 (7kali streak) until he was dubbed the King of Mugello.
The incident forced him out as much as 4 series and only managed to finish third in the standings following the end of the 2010 World Champion Jorge Lorenzo and Daniel Pedrosa.
 
 
Valentino Rossi - Mugello Incident
 
MOVED TO DUCATI
At the race in Brno (Rep. Chesca) he announced to move to Ducati Motor Manufacturing which is actually a native Italya. Many thought he would succeed easily with Ducati, but it did not as easy as expected, this is due not to race with him Rossi style with Ducati and Ducati are still many issues that have not been able to finish it and its crew until he was just able to reach the podium three time Le Mans Series - France May 15, 2011.
Hopefully in the future it is able to achieve better results by using a Ducati GP11.1 which is merging with the GP12 and GP11 chassis can deliver back to the always-anticipated exciting fight fans around the World ...
 
 
Valentino Rossi and Ducati
Valentino Rossi's career traces
Season Class / Motor / Tim
1996 AGV Aprilia 125cc/Aprilia RS125/Scuderia
1997 125cc/Aprilia RS125/Nastro Azzurro Aprilia
1998 250cc/Aprilia RS250/Nastro Azzurro Aprilia
1999 Grand Prix Racing 25-cc/Aprilia RS250/Aprilia
2000 500cc/Honda NSR500/Nastro Azzurro Honda
2001 500cc/Honda NSR500/Nastro Azzurro Honda
2002 MotoGP / Honda Honda RC211V/Repsol
2003 MotoGP / Honda Honda RC211V/Repsol
2004 MotoGP / Fortuna Yamaha Yamaha YZR-M1/Gauloises
2005 MotoGP / Yamaha Yamaha YZR-M1/Gauloises
2006 MotoGP / Yamaha Yamaha YZR-M1/Camel
2007 MotoGP / Yamaha Yamaha YZR-M1/Fiat
2008 MotoGP / Yamaha Yamaha YZR-M1/Fiat
2009 MotoGP / Yamaha Yamaha YZR-M1/Fiat
2010 MotoGP / Yamaha Yamaha YZR-M1/Fiat
2011 MotoGP / Ducati Marlboro GP11-GP11.1/Ducati
 
 
Appreciation
* 125cc World Champion title (1997)
* 250cc World Champion title (1999)
* 500cc World Champion title (2001)
* Moto GP World Champion title (2002)
* Moto GP World Champion title (2003)
* Moto GP World Champion title (2004)
* Moto GP World Champion title (2005)
* Moto GP World Champion title (2008)
* Moto GP World Champion title (2009)
 
With Valentino Rossi Aprilia 125 and 250 cc
 
Rossi - Aprilia
 Valentino Rossi Repsol Honda, 2000-2003
 
Rossi - Repsol Honda
 Valentino Rossi Yamaha YZR-M1 Together, 2003-2010
 
 
Valentino Rossi and Ducati
 
Valentino Rossi and Ducati
Fraternal greetings!


0 komentar:

Posting Komentar